Artikel lain

Rabu, 11 Juli 2007

Menjadi Guru Pertama Buat Si Kecil

Anak-anak adalah anugrah. Kehadiran mereka di dunia ini memberi harapan bagi siapapun akan perbaikan di masa depan. Anak-anak terlahir dengan keriangan yang memberi warna bak pelangi dalam hidup kita. Menjadi orang yang terlibat dengan anak-anak dan peduli pada mereka telah memicu banyak gagasan untuk menciptakan karya yang luar biasa.

Kepedulian, adalah kata yang paling tepat untuk menggambarkan apa yang paling dibutuhkan dalam mengasuh dan mendidik anak-anak, khususnya anak usia dini. Tanpa kepedulian, guru di sekolah hanyalah tutor namun belum tentu mampu menyampaikan anak-anak pada kecintaan akan ilmu pengetahuan. Demikian halnya dengan orang tua, tanpa kepedulian kita seringkali hanya menjadi “satpam” bagi anak-anak, melarang ini dan itu, menetapkan aturan A sampai Z, hingga anak-anak pun jemu dan kehilangan rasa untuk tahu dan menentukan apa yang ingin mereka pelajari.

Memang, hanya orang tua yang peduli, hanya guru yang peduli, hanya pemerintah yang peduli, yang bisa melahirkan anak-anak dan generasi yang juga peduli dengan apa yang mereka miliki, peduli dengan apa pun yang mereka dapatkan, dan peduli dengan keadaan masyarakat dan lingkungannya.

Di antara kita, para orang tua ataupun guru di sekolah, sering menempatkan anak-anak tak ubahnya robot yang harus mengikuti instruksi-instruksi tanpa boleh mengkritisi setiap instruksi tersebut. Orang dewasa terbiasa menempatkan dirinya menjadi seorang superior yang memiliki wewenang penuh atas apapun bahkan atas apa yang ingin dipelajari oleh anak-anak.

Itulah kita, orang dewasa yang mungkin masih sering lupa, bahwa kehadiran kita tak lebih hanya sebagai pendamping anak-anak untuk mengenal dunia ini, sehingga mereka mampu beradaptasi dan akhirnya berani dan mampu hidup mandiri dengan segala pemikiran dan juga sikap hidupnya.

Tentang Saya

Saya, ibu dua anak. Anak-anak saya tidak bersekolah formal. Blog ini berisi pemikiran, hasil belajar, dan beberapa pengalaman.

Jika Anda menggunakan tulisan di blog ini sebagai referensi: (1) HARAP TIDAK ASAL copy paste, (2) Selalu mencantumkan link lengkap tulisan. Dengan begitu Anda telah berperan aktif dalam menjaga dan menghargai hak intelektual seseorang.