Artikel lain

Sabtu, 21 Juli 2007

Kriteria "Poster Belajar"

Saya sudah merasakan manfaat poster untuk media belajar kedua anak saya. Namun tidak semua jenis poster yang ada di pasaran cukup efektif sebagai media belajar. Poster sebagai penghias atau untuk menambah semarak ruangan mungkin bisa dengan mudah kita temukan di toko buku atau di emperan jalan, tetapi untuk mendapatkan "poster belajar" seringkali akhirnya kita harus membuatnya sendiri.

Kriteria "Poster Belajar"
1. Materi yang ingin kita kenalkan ditampilkan dalam ukuran cukup besar dan berwarna mencolok (merah, biru, atau hijau cerah), supaya anak-anak tertarik untuk fokus.

Kalau kosa kata yang ingin kita kenalkan, maka tulisanlah yang tampil mencolok dan berukuran besar.

Kalau gambar yang ingin kita tonjolkan, maka gambar yang harus berukuran cukup besar.

2. Warna latar sebaiknya putih (tidak terdiri atas berbagai warna), agar fokus anak tidak terpecah.

Nah! gampang sekali kan kriterianya. Tapi karena saking sederhananya, banyak produsen poster mungkin tidak menganggap hal tersebut cukup penting. Aspek artistik lebih ditonjolkan, namun tujuan edukatifnya agak lolos.

Membuat Poster Sendiri
Mendengar kata poster, mungkin yang terbayang adalah sablon atau percetakan. Waah! Zaman sekarang, tidak harus repot seperti itu, kan? Kita bisa rancang sendiri di komputer lalu diprint.

Saya sudah membuat ratusan poster kata untuk belajar membaca kata-kata berbahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan sekarang sedang mencoba poster untuk kosa kata bahasa Arab. Alat bantu kita untuk bahasa Asing tentu saja kamus.

Kalau kita ingin menambah gambar untuk kosa kata yang kita buat, kita bisa download gambar atau clip art gratis di http://www.clipart.com

Mau mencoba?

3 komentar:

mustain arif mengatakan...

assalamu'alaikum

saya sedang mencari gambar clip art yang mengandung pendidikan islami untuk anak usia dini.

setelah membaca blog ibu saya kemudian mencoba membuka www.clipart.com tapi saya tidak bisa download clipart sebelum mendaftar dan tertera harga tertentu.

bagaimanapun blog ibu membantu saya mencari ...

sukron jazakillah khoirankatsiran

Maya A Pujiati mengatakan...

Wah, iya nih Pak, setelah saya lihat nampaknya memang sudah tidak ada versi yang free lagi. Saya posting tulisan ini sekitar 7 bulanan yang lalu masih ada yang gratis. Mungkin Bapak bisa coba cari di google aja. Ketik kata kunci gambar yang dikehendaki lalu di-save ke komputer Bapak. Saya lihat cukup banyak gambar yang bisa kita dapat, terlebih jika menggunakan kata kunci berbahasa Inggris. Mudah2an membantu ya...

KYLA KYNA mengatakan...

coba aja mengunjungi http://www.first-school.ws/

lumayan banyak membantu

Tentang Saya

Saya, ibu dua anak. Anak-anak saya tidak bersekolah formal. Blog ini berisi pemikiran, hasil belajar, dan beberapa pengalaman.

Jika Anda menggunakan tulisan di blog ini sebagai referensi: (1) HARAP TIDAK ASAL copy paste, (2) Selalu mencantumkan link lengkap tulisan. Dengan begitu Anda telah berperan aktif dalam menjaga dan menghargai hak intelektual seseorang.